Jumat, 05 Desember 2014

Cara Buat Nata De Coco – Banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari buah kelapa, mulai dari kulit luar, sabut, tempurung, daging buah hingga air kelapa. Selain memiliki khasiat untuk kesehatan, buah kelapa juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan makanan atau minuman segar. Santan dari buah kelapa juga banyak dimanfaatkan sebagai bumbu masakan agar masakan lebih terasa nikmat. Tidak hanya itu saja, yang populer dari buah kelapa adalah pemanfaatan dari air buah kelapa, yaitu nata de coco. Nata de coco merupakan jenis makanan yang terlihat seperti jeli, berwarna putih hingga bening dengan tekstur yang kenyal. Makanan ini dihasilkan dari fermentasi air kelapa melalui proses terkontrol dengan menggunakan bakteri Acetobacter xylium sebagai bibit nata.
Nata de coco umumnya dimanfaatkan sebagai minuman segar maupun bahan isian dari pembuatan agar-agar. Teksturnya yang kenyal membuat nata de coco sangat digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa. Mungkin anda biasanya mengkonsumsi nata de coco dari beberapa jenis minuman segar hingga agar-agar yang banyak dijual dalam kemasan di supermarket, atau banyak pula nata de coco yang dijual di pasaran. Namun tidak jarang tangan-tangan jahil dari oknum nakal yang mengubah nata de coco sebening mungkin dengan menggunakan bahan pewarna tekstil yang berbahaya untuk kesehatan.
Cara Buat Nata De Coco

Cara Buat Nata De Coco

Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya jika anda mengolah nata de coco sendiri dirumah. Meski terbilang banyak bahan yang diperlukan dalam pembuatan nata de coco, anda dapat membuatnya dengan Cara Buat Nata De Coco yang dapat ditemukan di situs-situs internet. Seperti pada kesempatan kali ini, Eswete.com akan membantu anda membuat nata de coco sendiri dirumah dengan resep dan Cara Membuat Nata De Coco, seperti berikut:
Peralatan:
  • Panci dari stainles
  • Pengaduk dari stainles
  • Timbangan
  • Gelas ukur
  • Baki plastik
  • Koran/plastik untuk penutup
  • Karet untuk mengikat
  • Kain kasa/saringan halus
Bahan-bahan:
  • 2 1/2 lt air kelapa
  • 200 gr gula pasir
  • 1/2 sdm pupuk ZA (urea)
  • 1/2 sdm asam cuka glacial (CH3COOH)
  • Bibit nata de coco/sari kelapa
Cara Buat Nata De Coco:
  1. Saring terlebih dahulu air kelapa mentah lalu masukkan ke dalam panci, masak hingga mendidih dengan suhu 100 derajat celcius. Tambahkan gula pasir, pupuk ZA, cuka biang. Masak kembali hingga mendidih.
  2. Setelah mendidih, tuang ke dalam baki plastik. Tutup baki dengan koran yang sebelumnya telah dijemur dipanas matahari agar steril dari bakteri yang akan mengganggu pertumbuhan nata de coco.
  3. Baki yang telah ditutup rapat lalu ditiriskan hingga dingin untuk diberi bibit nata de coco.
  4. Pembibitan dilakukan pada pagi keesokan harinya, lalu tutup kembali dan diamkan dan jangan sampai digoyang-goyang. Jika ingin melihat hasil nata de coco dapat dicek pada hari ke-3.
  5. Proses fermentasi tersebut dibiarkan selama satu minggu.
  6. Cek nata de coco yang telah jadi. Jika permukaan nata de coco rata dan halus, berarti dapat diartikan jika nata de coco tersebut telah jadi dengan hasil yang baik. Namun jika terdapat lubang disekitar permukaan, berarti baki atau koran yang digunakan tidak steril.
  7. Nata de coco pun siap untuk dipotong-potong sesuai selera, dan disajikan dalam minuman atau sebagai isian dalam pembuatan agar-agar.
Ketika membuat nata de coco, anda perlu memastikan bahwa peralatan yang digunakan steril agar tidak mengganggu proses pembuatan nata de coco.

Cara Buat Nata De Coco

Cara Buat Nata De Coco seperti diatas cukup mudah untuk dipraktekkan sendiri dirumah, bahkan anda pun dapat memanfaatkannya sebagai industri rumahan untuk menambah penghasilan anda dan keluarga. Sekian ulasan mengenai Cara Membuat Nata De Coco, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan membantu anda semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar